Tuesday 19 November 2013

Inilah Alasan Mengapa Tidak Boleh Mengikat Rambut Saat Masih Basah

Cara memakai jilbab yang baik dan benar juga harus memperhatikan kondisi rambut agat kulit kepala dan rambut itu sendiri juga sehat. Karena keadaan yang lembab dapat menimbulkan permasalahan pada kulit rambut hingga kerontokan.

Kesibukan wanita sekarang ini memang bisa terbilang padat, karena tidak sedikit wanita yang menjalani pekerjaan di kantor maupun di tempat lain. Tentu saja dengan kesibukan tersebut, mereka tidak memiliki banyak waktu untuk mengeringkan rambut sehingga nekat mengikat rambut yang masih basah.

Jangan Mengikat Rambut Saat Masih Basah


foto : Hana Tajima

Mengikat rambut dalam keadaan basah merupakan hal yang sebaiknya dihindari karena terdapat banyak efek buruk yang terjadi pada rambut, apalagi bagi wanita berjilbab. Berikut ini beberapa alasan mengapa tidak boleh mengikat rambut dalam keadaan basah seperti yang dikutip dari vemale.com.

Dapat menyebabkan rambut rontok
Sebaiknya tungu sampai kering jika ingin mengikat rambut. Karena pada saat masih basah, rambut dalam keadaan yang paling rapuh, sehingga seringkali menyebabkan kerontokan. Selain itu, mengikat rambut dalam keadaan basah membuat rambut mudah rusak dan patah saat ikatannya dilepas.

Dapat menyebabkan ketombe
Dengan memaksa mengikat rambut yang masih apalagi langsung mengenakan jilbab dapat membuat kondisi kulit kepala menjadi lembab. Hal ini terjadi karena sirkulasi rambut terlalu rapat dan air tidak cepat menguap sehingga kulit kepala mudah gatal dan menyebabkan terjadinya ketombe.

Membuat kulit kepala menjadi gatal
Rambut yang masih basah jika diikat dapat meningkatkan resiko munculnya jamur dan bakteri. Hal ini menyebabkan kulit kepala menjadi gatal. Untuk menghindari hal tersebut maka biarkan rambut kering terlebih dahulu.

Dapat membuat rambut tipis hingga terjadi kebotakan
Tentu saja jika rambut Anda rontok lama kelamaan dapat membuat rambut menjadi tipis sampai terjadi kebotakan. Meskipun Anda memakai jilbab, tentu saja Anda tidak menginginkan rambut Anda botak bukan? Oleh sebab itu lakukan pencegahan dengan cara menunggu rambut kering sebelum diikat atau memakai jilbab.

Jadi sebaiknya jangan memaksa mengikat rambut saat masih basah. Hal tersebut dapat menimbulkan beberapa masalah rambut seperti di atas. Dengan tidak mengikat rambut saat masih basah, merupakan salah satu cara merawat kulit kepala tetap sehat. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment